Cerita Bisnis

jualan pertama dimulai tanggal 26 mei 2010 dengan jatah 40 kerudung. pada awalnya sedikit pesimis karena ini bukan seperti makanan yang orang butuhkan setiap harinya. tapi ternyta sudah mendapatkan tanggapan baik walaupun dibeli oleh teman sekelas. pada akhirnya berani untuk ditawarkan untuk teman2 kosan. biasanya dibeli oleh teman2 yang sudah kenal sebelumnya. bahan untuk laki-laki dengan alasan untuk 'ibu' atau 'pacar'. akhirnya penjualan mulai meningkat. kami pun memberanikan diri menjual dipasar kaget depan kampus pada hari minggu. tetapi ternyata mendapatkan respon yang kurang bagus. kerudung hanya terjual 7 piece saja. salah satu penyebabnya adalah kurangnya anggota yg ada. 4 dari 7nya pun ditawar paksa oleh ibu-ibu. padahal belum deal masalah harga tapi sudah diambil saja barangnya. tapi yah sudah kamu relakan saja.

hari senin sampai minggu dimanfaatkan untuk menjual kerudung dengan teman-teman kampus dan wilayah sekitar komplek. hasilnya lumayan biarpun dibayar kredit atau hutang. tetapi demi bisnis gapapa walaupun tiap hari harus merekap semua hutang :P.

hari minggu 6 juni 2010 kami mencoba untuk menjual makanan. kue-kue tradisional yang kamu coba pasarkan. menurut info dari teman kampus sebelah bahwa dibatununggal merupakan wilayah pemasaran yang baik. akhirnya kamipun mencobanya.
walaupun dengan 4 anggota saja kami mencobanya.pagi-pagi kami datang kesana. ternyata susah sekali memasarkan disana. sampai pukul 8 hanya terjual sekitar 10 kue saja. yang ada saya dan fitrah dikejar anjing sirkus dan saya g sengaja mencubit fitrah saking takutnya sampai menimbukan bekas!!hohoho.... akhirnya kami memutuskan untuk pindah tempat pemasaran kembali ke daerah kampus. walaupun harus jalan mengelilingi kampus IT telkom tapi ternyata dagangan kami laku 1 kotak lebih. walaupun dengan konsumen yang beraneka ragam. ada yang anak-anak yang minta pada ibunya ada yang lagi pacaran. sampai-sampai ada yang bilang kamu jualan bikin anak saya nangis karena kalau ibunya tidak membelikan anaknya pasti menangis. tetapi hati menjadi ke kesekian demi bisnis.akhirnya dagangan kami dibeli oleh teman-teman dan sedikit sisa pada akhirnya kami banting harga yang penting makanan yang kami jual dapat habis.

tetapi ternyata perjuangan membuahkan hasil. tanggal 8 juni 2010 kami mencoba menjual lagi karena sedang ada registrasi mahasiswa baru kami mencoba walaupun hanya 1 kotak ternyta mendapatkan tanggapan yang bagus makanan kami habis dalam waktu 2 jam oleh teman dan dosen-dosen. akhirnya kami tidak sempat menawarkan pada orang-orang yang sedang registrasi. dan keuntungannya hampir sama dengan jualan 2 kotak pada hari minggu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © My Blog